Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Investasi Sederhana Bagi Pemula! Di Jamin Untung!

Dengan meningkatnya minat investor pemula untuk mencapai kebebasan finansial, cara investasi sederhana untuk pemula, sangatlah banyak di cari. Dan sebagai langkah awal, para pemula perlu mengetahui cara mengelola keuangan mereka.

Hal itu juga biasanya memudahkan investor yang belum berpengalaman, untuk menginvestasikan uangnya ke dalam aset atau produk investasi sesuai dengan jangka waktu investasi.

Sumber Photo : www.pexels.com

7 cara investasi sederhana bagi Pemula! Di Jamin Untung!
Namun yang menjadi permasalahan, para pemula umumnya masih bingung untuk memulai investasi yang sederhana. Oleh karena itu, disini penulis sudah menyiapkan beberapa cara investasi sederhana untuk pemula, agar Kamu dapat memulai tanpa ragu! Yuk cimak tipsnya berikut ini:

1. Tetapkan tujuan investasi
Tujuan investasi adalah membangun komitmen untuk mewujudkan impian. Jika Kamu tidak memiliki tujuan, motivasi Kamu akan berkurang, Kamu tidak akan dapat melanjutkan investasi, atau Kamu tidak akan memahami tujuan pengalokasian dana investasi.

2. Estimasi Alokasi Reksa Dana
Setelah Kamu menentukan tujuan investasi, Kamu perlu menghitung alokasi modal investasi dan jangka waktu investasi, untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, Kamu juga perlu mengecek saldo Kamu saat ini, sehingga Kamu dapat memperkirakan jangka waktu investasi.

3. Sesuaikan investasi dengan profil risiko Kamu
Investor pemula harus menyesuaikan tujuan investasi dan jangka waktu investasi, dengan profil risiko mereka. Pemula yang ingin berinvestasi di reksa dana dengan risiko rendah, dapat memilih reksa dana pasar uang. Kendaraan investasi jangka pendek ini adalah pilihan tepat bagi investor, yang ingin menyiapkan dana darurat atau menginginkan investasi jangka pendek selama 1-2 tahun.

4. Pilih produk berdasarkan fitur kinerja
Beberapa aplikasi investasi memungkinkan Kamu untuk memilih produk reksa dana, yang berbeda dari perusahaan manajemen investasi yang berbeda. Jadi, Investor pemula bisa dengan mudah memanfaatkan fitur kinerja aplikasi untuk mulai berinvestasi.

Dengan fitur ini, Kamu dapat melihat 5 reksa dana saham teratas berdasarkan kinerja harian, bulanan, tahunan, dan kinerja sejak diluncurkan. Dari situ, Kamu dapat memilih produk reksa dana yang tepat tanpa kebingungan.

Namun, perlu dipahami bahwa kinerja masa lalu suatu produk reksa dana, tidak menjamin kinerja di masa depan. Kinerja historis reksa dana mencerminkan karakteristik dan konsistensi kinerjanya terhadap tolok ukurnya.

5. Berinvestasi secara rutin setiap bulan
Investor pemula, umumnya mengandalkan pendapatan bulanan mereka untuk memenuhi tujuan masa depan mereka. Berinvestasi mengharuskan Kamu untuk menginvestasikan sebagian dari pendapatan Kamu secara berkelanjutan. Ini adalah salah satu kunci terpenting dalam berinvestasi. Kamu dapat menyesuaikan pilihan keuangan Kamu, dan berinvestasi secara teratur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

6. Investasi yang konsisten sesuai dengan tujuan investasi
Dalam berinvestasi, naik turunnya harga reksa dana sering kali membuat investor yang belum berpengalaman menjadi resah, dan ragu-ragu untuk berinvestasi. Dan memang bukan rahasia lagi, jika reksa dana campuran atau reksa dana saham, juga mengalami pasang surut dalam jangka pendek.
Dan berneda dengan Reksa dana pasar uang dan obligasi yang cenderung stabil, namun nilainya juga bisa turun. Meski begitu, Kamu bisa tetap konsisten mencapai tujuan investasi Kamu.

7. Memperdalam pengetahuan investasi Kamu
Investor pemula perlu memperluas pengetahuan investasi mereka. Kamu perlu memahami dasar-dasar investasi. Saat ini, banyak saluran media sosial yang menawarkan tips investasi dan informasi produk. 
Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas investasi digital, dan berbagi pengetahuan dengan investor lain. Dengan demikian, Kamu dapat memperoleh informasi mengenai investasi, dan cara mengelola portofolio investasi dengan baik.

Saat ini, ada banyak cara untuk memulai investasi digital menggunakan aplikasi. Dan kamu juga bisa berinvestasi dengan jumlah minimum yang rendah, mulai dari 10.000 Kamu sudah bisa mulai mewujudkan tujuan investasi Kamu. selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "7 Cara Investasi Sederhana Bagi Pemula! Di Jamin Untung!"